XAMPP antar muka alternatif


Mempunyai komputer sungguh menyenangkan, lebih2 kalau komputer yang serba tau kebutuhan kita. eit, jangan salah tangkap. Yang namanya komputer serba sepaham dengan kita  tentu harus kita jejali tuh komputer dengan perangkat ( lunak or keras ) yang sesuai kebutuhan tersebut. udah nyambung ?!

Nah untuk keperluan yang sifatnya senang bertetangga atau komputer jaringan, terutama seperti yang aku kenal di sekolah, pakai saja XAMPP.

Paket XAMPP ini udah komplit untuk aplikasi berbasis web dan nyaman dipakai di sekolah. Seperti untuk kepentingan moving class maka XAMPP ( promo nich ………   hik hik hik ) dipakai dan enteng. Dan saat tulisan ini dibuat sudah  di versi XAMPP Windows 1.7.3

Link diatas  juga sudah terdapat panduannya, dan seperti biasanya di keluhkan …. bahasa Inggris !

Aplikasi berbasis web server ini memberi kemudahan luar biasa untuk anda yang mempunyai PC, notebook ataupun netbook. Publikasi kekayaan (file) dalam komputer yang hendak publikasikan juga tergantung selera anda. mau model free (copy, paste, diunduh, diextract ), di password atau model login member. Namun sebaiknya file yang hendak di tranfer sebaiknya dalam keadaan terkompres sehingga filenya kecil dan mudah dipaketkan antar user.

Langkah Instalasi XAMPP dalam MSWindows ( Windows XP ).

  1. Unduh Paket XAMPP dari situs apachefriends.org.
  2. Ekstrak file paket XAMPP tersebut ke drive (misalnya di D:\xampp ).
  3. Ikuti saja langkah-langkah yang ditawarkan dalam proses instalasi tersebut. Wah nggak ribet kan ? Untuk Vista jika diinstall jangan di folder Program Files, tetapi seperti C:\xampp atau C:\meinverzeichnis\xampp
  4. Instalasi selesai.

Menjalankan XAMPP

  1. Masuk ke folder XAMPP.
  2. Perhatikan gambar berikut.
  3. Maka anda dapati beberapa file dengan icon oranye seperti xampp_portcheck, xampp_start,xampp_stop dan xampp_control.
  4. Coba jalankan dan klik xampp_portcheck. Ini untuk mengetahui apakah server anda berjalan normal nantinya. jika dilaporkan seperti gambar berarti xampp anda lancar . Port sebelum instalasi XAMPP belum terpakai
  5. Jika port yang dilaporkan tidak terpakai jalankan xampp ( pilih xampp_start atau melalui xampp_control ), pilih bahasa yang dipahami anda misalnya bahasa Inggris ). Nampak port yang sudah terpakai oleh XAMPP
  6. Sekarang anda sudah memiliki web server lokal atau web server dalam komputer anda sendiri.


Langkah awal memanfatkan server lokal anda.

Langkah ini memudahkan kita memanfaatkan komputer dalam suatu jaringan baik menggunakan LAN card on board , wi-fi (wireless di laptop ) maupun accesspoint ( router + accesspoint ). Dan ini lebih baik daripada memanfaatkan jaringan bawaan windows

Manfaat localhost untuk akses file.

Setelah komputer tertanam web server. Tahap berikutnya adalah membuat database. Dari database ini, proses melihat, mencari, menyalin dan mengamankan data/file di monitor dan dikontrol web server XAMPP. Ada 2 jalan yang dapat ditempuh guna mengakses file anda atau milik kantor anda.

Pertama, membuat folder/halaman terbuka seperti halaman web. File-file yang yang akan diakses ditempatkan di satu folder, dan dibuatkan databasenya dengan PHP MyAdmin. Contoh :

  1. Pada folder Xampp>htdocs , buat folder misal diberi nama dtkantor  (coba dibaca:datakantor !)
  2. Buka PHP MyAdmin ( bisa melalui bar address –seperti http://localhost/phpmyadmin–lalu enter ; atau melalui XAMPP Control Panel Aplication dengan klik tab Admin MySql ) lalu buat database baru dengan nama folder tadi —dtkantor.

Kedua, menggunakan Share folder dengan FileZilla, untuk ini aktipkan FileZilla dari xampp_control.

Membuat Database Sederhana dalam XAMPP.

1. Contoh diatas (dtkantor ), sudah dapat di akses oleh komputer melalui web brouser dalam satu jaringan LAN, namun bila terkoneksi ke internet , kita juga dapat mengaksesnya dari tempat lain selama jaringan tersebut online. Sebaiknya file-file yang dimuat sudah dapat bentuk dikompres/terkompresi, tidak lain supaya mudah di unduh pada beberapa komputer dalam waktu bersamaan.

Contohnya  (http://localhost/dtkantor >jika dikomputer yang ditanami web server ). Sedang user lain setelah tahu IP addres servernya (gunakan perintah ipconfig dan koneksitasnya menggunakan ping  , bila diketahui IP server 192.198.189.200) maka di bar addres brouser ketiklah perintah (http:// 192.198.189.200/dtkantor).

2. perintah yang hampir sama sebenarnya sudah disediakan dalam FileZilla, hanya saja karena tidak selalu dibutuhkan secara default FileZilla dinonaktipkan. Setelah aktip lakukan hal berikut :

a. Jalankan FileZilla (bisa melalui XAMPP Control Panel Aplication), klik tab Users, buka Shared Folders , disebelah kanannya aktipkan/klik direktori xampp\anonymous , lalu pilih Set a home Directory  (perhatikan ada huruf H ), lalu klik OK.

b. pada bar address ketikkan perintah ftp:// 192.198.189.200/ bisa juga dengan ftp:// 192.198.189.200/anonymous

Sudah jelas perbedaaanya ? Ya, menggunakan HTTP atau FTP — File Transfer Protokol.

Database sederhana ini memang sederhana tanpa pengamanan yang berarti (security) dan terkunci melalui daftar index dan password halama web. Agar halaman web memiliki keamana yang memadai perlu:

  1. Setingg lanjutan web server .
  2. Settinglanjutan Database pada MySql.
  3. Setting lanjutan pada halama Web  (bergantung aplikasi yang anda pakai sedang pada WordPress sudah ada akismet )

One thought on “XAMPP antar muka alternatif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s