Panduan Blog


Panduan Membuat Blog Dengan WordPress

Ini panduan tidak resmi membuat Blog dengan WordPress.

Ada banyak blog yang sekarang berkembang, tetapi hanya wordpress yang menarik hati. Karena :

1. Proses registrasi yang mudah.

2. Akses jaringan di dukung brouser tercepat ,maupun downloading yang cepat.

3. Tampilan halaman di dukung oleh desain yang dapat diubah seketika.

4. Dukungan tambahan sebagai plug in yang banyak ( widget dan lainnya ).

5. Dapat dikembangkan sendiri pada komputer di rumah ( sebagai server tentunya )

Langkah pasti dengan WordPress

1. Langkah Registrasi.

2. Mengedit Hallo word.

3. Mengedit Komentar.

4. Mengganti desain.

5. Memuat tulisan sendiri.

I. Langkah Registrasi.

Anda dapat langsung menuliskan alamat wordpress pada bar address seperti ini  http://wordpess.com atau dari mesin pencari ketik wordpess.com

Pada tampilan ini anda dapat melihat sekilas tentang WordPress.

Di pojok kanan anda dapat mendaftar sebagai member <SignUp> Isilah form isian yang disediakan. Anda juga dapat memelih bahasa yang sesuai dan dipahami anda. jangan memilih bahasa yang belum anda kenal, akan bermasalah selanjutnya

INSTALASI WORDPRESS

Keindahan Blog dengan WordPress menyihir dunia blogger dan web service di mayapada ini. Kemudahannya makin cantik saja oleh layanan self instalation untuk di rumah maupun korporasi. Untuk hosting memang perlu fulus sebagai biaya plus.

1. Persiapkan komputer anda.

Sebuah komputer P4 dengan memory 1 GB lumayan untuk migrasi menjadi web server rumahan untuk Mr. WordPress. Untuk user pemula seperti saya, ada baiknya komputer anda dibentengi dengan program drive image, yang dapat memblok drive system. Namun saat instalasi meminta restart pilih No.

Saya biasa menggunakan perangkat lunak drive image buatan faronic yakni Deep Freeze. Jadi pelatihan sendiri di rumah akan cukup aman, anda nggak perlu instal ulang system. Bila sudah mantap menyulap komputer menjadi web server, baru Deep Freeze di buka untuk instalasi total Mr. WordPress. WordPress dan program pendukungnya biasanya di instal di drive selain system, misal di D: atau E: tergantung besar hardisk dan partisinya. Selain itu setting brouser seperti Mozilla pada Tools> Option>Advance>network> ubah besaran space, lebih jauh settingan ini lihat disini.

Kemudian koneksi internet misalnya pakai speedy atau IM2, koneksi sudah siap 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Kalau komputer menyala saat jam kantor, saya sarankan pakai KompoZer saja, file kompoZer ini dan file pendukungnya di upload/disyimpan di penyimpanan gratis di internet. Lalu buat link dengan blog yang masih menggunakan http://nama_blog_anda.wordpress.com. Agak ribet tapi murah meriah.

2. Menyulap komputer menjadi Web Server.

Baca dulu panduan berikut ini dengan seksama baru latihan instalasinya di mulai, kalau sudah mantap instalasi komplit dijalankan. Bagi yang sudah pernah terjun dengan Joomla atau Mamboo, sesama CMS tentu ini bukan hal asing dalam memanfaatkan XAMPP. Paket XAMPP dengan Apache, My SQL dan PHP selama ini dianggap dapat mengamankan data di dalamnya.

Untuk memuaskan pengetahuan tahapan ini bandingkan panduan diatas dengan yang ditulis mas isnani disini

Atau mau membandingkan paket XAMPP dengan EasyPHP maupun PHP TriaD .  Instalasi WordPress dimungkinkan melalui beberapa pilihan sebagai berikut :

Perlu juga di sini dipikirkan apakah anda membuat untuk satu Blog atau lebih. Jika anda mengingginkan banyak blog/ mulpile blog, buatlah database yang diperlukan untuk ini di My SQL database. setting

pada  wp-config.php untuk setiap blog. baris ini diedit misalnya :

define('DB_NAME', 'wordpress');     // The name of the database
define('DB_USER', 'username');     // Your MySQL username
define('DB_PASSWORD', 'password'); // ...and password

DB_NAME disesuaikan dengan mana blog anda. Apabila langkah login tiap databasenya berbeda, edit pula DB_USER dan DB_PASSWORD .

3. Mengelola WordPress pada komputer sendiri/lokal.

Instalasi paket XAMPP dan WordPress tidak lebih 5 menit. Dengan memanfaatkan mulailah mengatur penggunanya. Ada 2 hal yang dapat anda pilih saat anda mempunyai blog/ website

3.1. Blog/website tetap berada di sumber pemberi fasilitas bloger/website gratisan dengan beberapa pembatasan dan keterbatasnnya.

3.2 Blog/ website diinstal di komputer sendiri/lokal dan memilih alternatip :

3.2.1. Dibuat lokal dengan link-link file yang terkait  (seperti gambar, video dan musik ) pada komputer lokal dengan memanfaatkan internet unlimited seperti speedy. Dalam WordPress anda juga bisa ekspor web wordpress yang dilokal tadi di ekspor/impor ke server induk WordPress.com.

3.2.2. Dibuat dilokal kemudian berlangganan webhosting yang di ekspor/impor melalui fasilitas CMS -Content Management System. Dengan berlangganan webhosting ini blog/ website anda selalu( dan ini harus ) dapat dicari “content”nya oleh broser yang handal seperti google dan yahoo.

selanjutnya baca kaitan XAMPP dan WORDPRESS